21 April 2010

Pekerja Rumah Tangga di Hari Kartini

Oleh : TIWI – Anggota KOY
Kita, sebagai warga Negara Indonesia pasti tahu bahwa R.A Kartini adalah tokoh pejuang perempuan Indonesia yang terkenal gigih dalam meperjuangkan emansipasi wanita, bahwa perempuan juga bisa dan mampu untuk menjadi pemimpin, bisa melakukan aktivitas layaknya laki-laki. Sebagai contoh, perempuan bekerja sebagai pegawai akntor, karyawan dan bahkan sebagai pejabat dalam pemerintahan.
Setiap tanggal 21 April warga Negara Indonesia memperingati hari kelahiran R.A Kartini untuk mengenang jasa-jasanya. Untuk di kesempatan kali ini saya perwakilan dari Kongres Organisasi Pekerja Rumah Tangga Yogyakarta (KOY) sebagai salah satu perempuan Indonesia yang berprofesi sebagai PRT. KOY sendiri adalah wadah bagi PRT (Pekerja Rumah Tangga, bukan Pembantu Rumah Tangga) yang kini mempunyai tiga serikat pekerja rumah tangga, yaitu: Serikat PRT Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Para PRT yang telah bergabung dengan KOY kini telah mengikuti program JAMSOSTEK sebagai wujud kemandirian PRT atas jaminan sosial dan keselamatan kerja yang selama ini mayoritas belum bisa dipenuhi oleh pengguna jasa/majikan. Padahal sebenarnya, pekerja rumah tangga adalah mitra kerja para pengguna jasa.majikan. bagaimana tidak, sementara mereka bekerja di sektor lain, para PRT lah yang mengerjakan pekerjaan domestik mereka di rumah. Dan saya sebagai perempuan yang berprofesi sebagai PRT merasa bangga, karena PRT adalah pekerjaan yang mulia.
Dan untuk pemerintah Indonesia, ingat bahwa perempuan Indonesia selain yang telah menjabat sebagai Presiden, Gubernur, Walikota, Bupati, Camat dan lain sebagainya, bayak pula perempuan yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga. Maka jika mengingat belum adanya payung hukum yang mengatur tentang PRT secara konkrit, KOY mengajak semua elemen pemerintah untuk memperhatikan nasib PRT dalam pemenuhan hak-haknya dan kesetaraan sebagai perempuan dan warganegara.
Demikian sekelumit tentang PRT yang ikut berpartisipasi dalam peringatan hari Kartini ini. KOY mengajak kawan-kawan PRT atau siapa saja yang mempunyai kepedulian terhadap PRT, silahkan bergabung bersama kami di:
Kongres Operata Yogyakarta (KOY)
Perum Wirosaban barat No. 22
Sorosutan Umbul Harjo Yogyakarta
Telp: 0274 - 9126105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar